Langsung ke konten utama

Penyakit, Tak Selalu Meyakitkan

Sebelum tulisan ini menjadi lebih panjang, saya ingin mengajukan dua pertanyaan berikut ini kepada anda,
  1. “Sakit”, apakah yang ada di dalam pikiran anda saat mendengar kata itu (sakit)?. Tidak enak, merugikan, menakutkan, menyeramkan?, inikah yang sedang anda pikirkan?. Saya percaya, hampir sebagian besar dari kita pasti inilah yang ada di pikiran kita. Penyakit itu sangat merugikan, menakutkan, tidak enak dan perasaan-perasaan lain yang konotasinya negatif. Sangat sedikit yang bisa mengatakan kalau penyakit juga menguntungkan. Memangnya adakah penyakit yang menguntungkan?. Sebentar lagi saya jawab pertanyaan ini, tapi mohon anda baca dahulu pertanyaan point ke-2.
  2. Bunga Tulip yang bercorak warna-warni indah, pohon gaharu yang berharga mahal, teh & kopi Jamur Ling Zhi yang enak disruput dan menyehatkan, Krupuk jamur kuping yang crispy, dan kripik tempe yang renyah. Apakah yang sedang anda bayangkan saat anda mendengar kata-kata tersebut?. Enak, menyenangkan,  menguntungkan, merasa lapar? Atau, waahh.. Pohon Gaharu, yang gubalnya dipakai sebagai bahan parfum, kosmetika, obat-obatan, dupa, dan kemenyan yaa..?!. Muncul ide bisnis? atau sebentar setelah anda membaca artikel ini anda akan mengajak saya sharing tentang cara mendapatkan inokulan cendawan agar gubal pohon gaharu menjadi lebih tebal??

Emm.. lalu, apa hubungan kedua pertanyaan itu, dan adakah penyakit yang menguntungkan? Oke, saya jawab dulu pertanyaan ini. Jawabannya: Ya, Ada, di point yang ke-dua. Silakan dibaca sekali lagi, pelan-pelan sambil diresapi. Jika sudah dibaca ulang, apakah sekarang anda sudah menyadarinya/ataukah anda semakin merasa bingung?. Syukur kalau anda bertambah bingung, itu artinya tulisan ini anda baca dengan baik.

Di dalam tulisan ini, saya hanya ingin menyampaikan hikmah di balik keberadaan penyakit yang merugikan, tapi ternyata menguntungkan. Betul, tidak semua penyakit merugikan, beberapa di antaranya justru malah membawa keuntungan bagi manusia. Memang, secara umum penyakit sangat merugikan bagi kita, baik penyakit pada manusia, bagi hewan ternak kita, atau bagi tanaman sawit kita, tapi Tuhan Yang Maha Kuasa sungguh sangat berkuasa terhadap sesuatu hal.


Tahukah anda bunga khas Negeri Kincir Angin? Ya, bunga tulip, banyak orang bilang kalau bunga ini berasal dari Belanda, tetapi menurut sejarahnya, bunga tulip bukanlah tanaman asli Belanda, melainkan berasal dari Turki. Bunga tulip bisa sampai ke daratan Eropa (Belanda) karena peran Duta Besar Kerajaan Belanda di Turki, de Busbecq. Pada tahun 1554 de Busbeqs membawa bunga tulip ke negaranya dan dikembang-biakkan di sana. Hingga akhirnya mulai populer sekitaran abad ke-17.

Bunga Tulip Terinfeksi virus dan Bunga Tulip Warna Tunggal.
Bunga tulip memiliki banyak jenis, tetapi secara general dapat dikatakan bahwa bunga yang bercorak atau memiliki guratan tertentu (langka) dihargai lebih mahal daripada bunga polos. Tahukah anda, bagaimana corak bunga tulip bisa terbentuk? Di dalam situs Wikipedia.com disebutkan bahwa corak pada bunga tulip disebabkan oleh infeksi virus mosaik yang dibawa oleh serangga. Menurut publikasi www.virology.ws, serangga yang menularkan virus ini adalah Aphids, atau kutu daun. Bunga tulip jenis Lilies yang terinfeksi Lily mottle virus menjadikan warna bunga yang semula tunggal menjadi berurai lebih dari satu warna, seperti belang dan coretan.

Sementara itu, di pertanaman hortikultura dan tanaman lain, virus mosaik banyak menyebabkan kerugian secara ekonomi. Cucumber Mosaic Virus (CMV) menyebabkan penyakit yang merugikan pada tanaman mentimun, Tobacco Mosaic Virus (TMV) menyerang tanaman tembakau, dan Tomato Mosaic Virus (ToMV) yang menyerang tanaman tomat.

Tanaman Tembakau yang Terinfeksi Tobacco Mosaic Virus (TMV). Sumber: APSnet.org

Tanaman Tomat yang Terinfeksi Tomato Mosaic Virus (ToMV). Sumber: APSnet.org
Contoh kedua, Pohon Gaharu. Pohon ini bisa dibilang salah satu yang termahal di antara pohon-pohon lainnya, bukan karena kayunya kuat seperti pohon ulin atau jati, bukan juga karena bentuknya artistik, melainkan gubalnya menjadi bahan baku pembuatan dupa, kemenyan, parfum, dan kosmetika. Bahkan, karena begitu masifnya perburuan gubal gaharu, di Amerika Serikat pohon gaharu jenis Aquilaria malaccensis dimasukkan ke dalam Appendix II, yaitu jenis tanaman yang dibatasi perdagangannya. Penetapan ini didasari oleh karena populasi tanaman penghasil gaharu semakin menyusut di alam yang disebabkan para pengusaha gaharu tidak dapat mengidentifikasi secara tepat tanaman yang sudah mengandung gaharu dan siap dipanen, sehingga banyak pohon ditebang.

Dewasa ini, banyak pengusaha membudidayakan pohon gaharu dan memanipulasi proses pembentukan gubal gaharu. Namun, sudah tahukan anda kalau ternyata gubal yang terbentuk itu merupakan proses ketahanan alamiah pohon terhadap infeksi penyakit (pathogen)? Ya, gubal yang berharga mahal itu ternyata adalah hasil dari reaksi (perlawanan alamiah) pohon gaharu terhadap serangan penyakit.

Pada dasarnya, setiap mahkluk hidup, termasuk pohon gaharu (plantae), binatang (animalia) hingga manusia, memiliki ketahanan alamiah terhadap serangan benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuhnya. Sebagai contoh, saat kita kemasukan debu kemudian bersin, itulah bentuk perlawanan tubuh kita terhadap serbuan benda asing. Saat tanaman mendeteksi benda asing (mikroba) masuk ke dalam jaringan, sel tanaman secara alami akan mengeluarkan senyawa fitoaleksin untuk pertahanan diri. Senyawa tersebut dapat berupa resin berwarna coklat dan beraroma harum, yang kemudian akan menumpuk di jaringan angkut tanaman, Xylem dan Phloem untuk menahan infeksi meluas ke jaringan lainnya. Tumpukan inilah yang kemudian dikenal dengan nama gubal gaharu.
Beberapa isolat pathogen (penyebab penyakit) yang digunakan sebagai sumber inokulum (penular) dalam kegiatan budidaya pohon gaharu, antara lain yaitu Acremonium sp., Cylindrocarpon sp., Fusarium nivale, Fusarium solani, Fusarium fusariodes, Fusarium roseum, Fusarium lateritium dan Chepalosporium sp. Pathogen-pathogen ini akan diinfeksikan ke dalam jaringan tanaman dengan pelukaan dan injeksi.

Di sisi lain, pathogen sejenis seperti Fusarium solani merupakan penyakit yang sangat merugikan pada tanaman kentang. Sedangkan spesies Fusarium oxysporum merupakan penyakit menakutkan pada tanaman solanacea (cabe, tomat dll.), yang karenanya banyak petani hortikultura mengaplikasikan fungisida seminggu hingga dua kali!

Di pertanaman kelapa sawit, jenis Fusarium oxysporum f.sp. elaeidis menjadi penyakit mematikan yang sangat ditakuti petani/pebisnis kelapa sawit di Afrika, sedangkan di negara kita, jenis ini ditetapkan dengan status OPT Kelas A1, yaitu keberadaannya masih belum ditemukan di Indonesia, dan setiap benih import dari Negara endemic harus melalui skrining ketat dari pihak Badan Karantina Pertanian-Kementrian Pertanian Republik Indonesia. Apabila di dalam benih import terindikasi/terdeteksi mengandung penyakit ini, maka pihak Badan Karantina akan memusnahkannya atau mengembalikannya kepada importir (dilarang masuk ke Indonesia).
Berikut adalah daftar jenis pathogen Fusarium dan tanaman inangnya berdasarkan database CPC2003,

Contoh yang ketiga, mungkin anda sudah kenal dengan teh jamur ling zhi, kopi jamur ling zhi, kapsul jamur ling zhi, atau produk lain yang menggunakan bahan baku jamur ling zhi seperti contoh produk di dalam gambar berikut.

Produk Jamur Ling Zhi (Ganoderma lucidum); Kapsul, Teh dan Kopi Instan Ganoderma.
Di dalam beberapa artikel yang bisa kita baca di internet, jamur ling zhi atau jamur Basidiomycetes dari jenis Ganoderma lucidum ini disebut-sebut sebagai raja herbal, karena khasiatnya terhadap kesehatan sangat banyak, di antaranya adalah sebagai anti alergi, anti radang, anti nyeri, melawan & mencegah sel-sel kanker, kebugaran tubuh, mencegah stroke, menurunkan kadar lemak, kolesterol, gula darah, dll. Anneahira

Di sisi lain, Ganoderma boninense, sebagaimana telah kita ketahui bersama, merupakan “kanker” mematikan bagi tanaman kelapa sawit. Sama-sama dari marga Ganoderma, tapi G. lucidum termasuk “berhati baik’, sedangkan G. boninense sebaliknya, sehingga kemunculannya sangat diwaspadai. 


Begitulah dunia yang diciptakan dengan kebenaran yang "relative", dikarenakan sangat sedikitnya ilmu manusia.

Komentar

  1. Halo, saya boxim Mr Phillip, pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman. Apakah
    Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk
    meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh Bank dan lainnya
    badan-badan keuangan? Apakah Anda memerlukan konsolidasi pinjaman atau hipotek? mencari
    untuk lebih karena kami di sini untuk membuat semua Riwayat masalah keuangan Anda.
    Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan keuangan
    Bantuan, yang memiliki kredit yang buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk
    berinvestasi dalam bisnis di tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk
    memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat diandalkan dan Penerima dan
    akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: boximloancompany@gmail.com.

    BalasHapus
  2. Halo,
    Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: gloryloanfirm@gmail.com. mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

    BalasHapus
  3. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumbang Tanduk, Oryctes rhinoceros (Coleoptera: Scarabaeidae): Hama Utama Tanaman Kelapa Sawit

Aktifitas makan (serangan) kumbang tanduk dapat sangat merusak tanaman baik tanaman muda maupun tanaman yang sudah produktif, serangga ini juga dapat menyerang kelapa santan ( Cocos nucifera ) maupun kelapa sawit ( Elaeis guineensis ). Serangga menyerang semua bagian tanaman yang nampak/berada di atas permukaan tanah, baik batang, pelepah, maupun pucuk (titik tumbuh). Aktifitas makan tersebut menimbulkan lubang gerekan pada batang, pelepah dan daun yang membentuk menyerupai huruf "V" atau seperti kipas. Gejala serangan kumbang tanduk pada tanaman sawit muda (TBM) dan tanaman kelapa santan ( C. nucifera ) Kumbang tanduk yang dominan ditemukan pada tanaman kelapa sawit adalah jenis  Oryctes rhinoceros.  Jenis ini   memang telah lama diketahui peranannya sebagai serangga pengganggu yang dapat menyebabkan kematian tanaman kelapa sawit, terutama tanaman muda (TBM). Pembukaan lahan tanpa pembakaran ( zero   burning ) disinyalir dapat meningkatkan kemungkinan serangan l

JENIS-JENIS JAMUR KONSUMSI (EDIBLE MUSHROOM)

Kebutuhan jamur konsumsi semakin hari semakin meningkat. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dab tehnologi saat ini, beberapa jamur konsumsi dapat dengan mudah dibudidayakan, antara lain jamur Shitake, jamur Champignon, jamur Merang, Jamur Kupimg dan jamur Tiram. Ini dia jenis-jenis jamur konsumsi: Jamur Kancing ( Agaricus bisporus ) Jamur kancing merupakan jenis jamur yang paling banyak dibudidayakan di dunia, sekitar 38% dari total produksi jamur dunia. Jamur kancing ( Agaricus bisporus ) atau champignon merupakan jamur pangan yang berbentuk hampir bulat seperti kancing dan berwarna putih bersih, krem, atau coklat muda. Dalam bahasa Inggris disebut sebagai table mushroom , white mushroom , common mushroom atau cultivated mushroom . Di Perancis disebut sebagai champignon de Paris. Jamur kancing dijual dalam bentuk segar atau kalengan, biasanya digunakan dalam berbagai masakan Barat seperti omelet, pizza, kaserol, gratin, dan selada. Jamur kancing memiliki aroma unik

Tomato yellow leaf curl virus (TYLCV)

Tomato Yellow Leaf Curl Virus (TYLCV) atau Virus kuning-keriting pada daun tanaman tomat merupakan salah satu anggota dari Virus yang tergolong dalam Suku Geminiviridae, Marga Begomovirus. Serangan TYLCV pada tanaman tomat dapat menyebabkan daun tanaman menggulung, mengeras, bertekstur kasar dan lebih tebal dibanding tanaman normal. Daun tanaman yang terserang juga akan mengalami klorosis ( yellowing ) dan mengkerut/keriting ( curly ). Gangguan tersebut hanya dapat terjadi pada daun baru yang terbentuk setelah tanaman terinfeksi, sedangkan daun tua tetap dan tidak mengalami penyusutan. Hal ini yang menyebabkan tanaman tampak ganjil karena daun pada bagian bawah tanaman tampak lebih lebat jika dibandingkan daun yang berada pada bagian atas. Tanaman rentan yang terserang pada fase perkembangan generatif dapat menyebabkan tanaman kerdil (stunting), jika serangan berlangsung hingga fase generatif maka buah yang dihasilkan akan berukuran kecil. Penyebaran TYLCV TYLCV tidak menular me