Langsung ke konten utama

PENYAKIT KARAT DAUN PADA TANAMAN PERKEBUNAN DAN HUTAN

GEJALA, TANDA dan KISARAN INANG


Menurut artikel yang di rilis oleh Planet Natural Research Center, Penyakit Karat Daun bisa disebabkan oleh 5.000 jenis cendawan. Penyakit ini bisa menginfeksi semua bagian tanaman, baik di batang, bunga dan bahkan buah. Namun, yang paling sering ditemukan adalah pada daun. Selain bisa menginfeksi semua bagian tanaman, cendawan ini juga bisa menyebabkan penyakit pada berbagai macam jenis tanaman. Tanaman Kopi, Eucalyptus, dan Tanaman Sawit sudah banyak dilaporkan bisa terserang penyakit ini. 



Tanaman yang terinfeksi cendawan ini ditandai dengan timbulnya "pustule" atau benjolan berwarna jingga/kuning-kecoklatan mirip warna karat pada logam besi. Oleh karena gejala dan tanda tersebut penyakit ini dinamai.



Pada umumnya, gejala rust (karat) paling banyak ditemui pada daun tua atau daun bagian bawah. Di sinilah spora mikroskopis diproduksi dalam jumlah besar. Pada serangan berat, daun mengalami diskolorasi menjadi kuning dan dan gugur lebih awal (prematur). Semakin banyaknya daun gugur, akan mempengaruhi vigor tanaman hingga bisa menyebabkan kematian tanaman.



PENYAKIT KARAT DAUN PADA TANAMAN KELAPA SAWIT



Kejadian penyakit karat daun pada tanaman kelapa sawit tidak dianggap sebagai masalah besar. Daun akan kembali sehat seiring turunya hujan dan tidak berpengaruh nyata pada produktifitas tanaman.



PENYAKIT KARAT DAUN PADA TANAMAN KOPI



Cendawan penyebab penyakit karat daun pada tanaman kopi diketahui dari jenis Hemileia vastatrix. Sejauh pengalaman penulis, penyakit inipun tidak dianggap sebagai permasalahan besar di perkebunan tanaman kopi.


Gambar 1. Gejala Penyakit Karat Daun pada Tanaman Kopi.
Gambar 2. Ciri-ciri Mikroskopis Cendawan Hemileia vastatrix pada Tanaman Kopi.


PENYAKIT KARAT DAUN PADA TANAMAN EUCALYPTUS



Penyakit ini dianggap menjadi masalah besar jika muncul pada pembibitan (nursery). Gejala & tanda kemunculan penyakit ini mirip dengan penyakit karat pada tanaman lainnya. Bibit tanaman sangat rentan oleh infeksi penyakit ini karena ketahanan tubuhnya yang masih lemah. Di samping juga jarak tanam di pembibitan lebih rapat, penyebaran penyakit ini bisa lebih cepat jika dibandingkan dengan kejadian pada tanaman operasional (plantation).


Gambar 3. Gejala & Tanda Penyakit Karat Daun pada Tanaman Eucalyptus
Gambar 4. Ciri-ciri Mikroskopis Cendawan Puccinia psidii pada Tanaman Eucalyptus



PENGELOLAAN PENYAKIT


Meskipun penyakit ini memiliki kisaran inang yang luas, tetapi jenis yang berbeda tidak bisa menginfeksi tanaman lain. Sebagai contoh, penyakit karat daun pada tanaman kopi (H. vastatrix) tidak bisa menyerang tanaman eucalyptus. Begitu juga sebaliknya, penyakit karat daun pada tanaman eucalyptus (P. psidii), tidak bisa menyebabkan penyakit pada tanaman kopi.


Berbeda dengan kondisi di atas, penyakit dengan jenis cendawan yang sama bisa menginfeksi tanaman yang berbeda, tetapi satu family (suku). Sebagai contoh, P. psidii bisa menyebabkan penyakit karat pada daun tanaman jambu biji dan juga bisa menyebabkan penyakit pada tanaman eucalyptus. Sebagaimana diketahui, tanaman eucalyptus dan jambu biji sama-sama dari suku Myrtaceae. Dengan demikian, manajemen inang harus diperhatikan.


Gambar 5. Bunga Tanaman Suku Myrtaceae (Jambu-jambuan)

Selain manajemen inang, eradikasi daun dan tanaman terinfeksi perlu dilakukan untuk mengurangi sumber inokulum. Rompes atau potong bagian tanaman yang bergejala karat, kemudian bakar atau timbun ke dalam tanah.


Pengaturan spasing atau jarak antar tanaman pada pembibitan penting dilakukan untuk mengatur sirkulasi udara dan kelembaban. Upaya ini bertujuan untuk memberi batasan pada patogen dalam berkembang biak.



Penggunaan insektisida bisa dilakukan jika dirasa perlu, namun demikian, aplikasi fungisida harus dilakukan secara terpadu dengan teknik  pengendalian lain.



SEMOGA BERMANFAAT

Komentar

  1. Mas saya mau tanya, apakah ada spesies jamur karat yang bisa menyerang tanaman Cycas revoluta?. Terima kasih

    BalasHapus
  2. Mas saya mau bertanya , untuk daun yang berkarat pada tanaman sawit agar cepat pulih kasi jenis pupuk apa ya mas? Tolong kasi saran ya mas.terima kasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kumbang Tanduk, Oryctes rhinoceros (Coleoptera: Scarabaeidae): Hama Utama Tanaman Kelapa Sawit

Aktifitas makan (serangan) kumbang tanduk dapat sangat merusak tanaman baik tanaman muda maupun tanaman yang sudah produktif, serangga ini juga dapat menyerang kelapa santan ( Cocos nucifera ) maupun kelapa sawit ( Elaeis guineensis ). Serangga menyerang semua bagian tanaman yang nampak/berada di atas permukaan tanah, baik batang, pelepah, maupun pucuk (titik tumbuh). Aktifitas makan tersebut menimbulkan lubang gerekan pada batang, pelepah dan daun yang membentuk menyerupai huruf "V" atau seperti kipas. Gejala serangan kumbang tanduk pada tanaman sawit muda (TBM) dan tanaman kelapa santan ( C. nucifera ) Kumbang tanduk yang dominan ditemukan pada tanaman kelapa sawit adalah jenis  Oryctes rhinoceros.  Jenis ini   memang telah lama diketahui peranannya sebagai serangga pengganggu yang dapat menyebabkan kematian tanaman kelapa sawit, terutama tanaman muda (TBM). Pembukaan lahan tanpa pembakaran ( zero   burning ) disinyalir dapat meningkatkan kemungkinan serangan l

JENIS-JENIS JAMUR KONSUMSI (EDIBLE MUSHROOM)

Kebutuhan jamur konsumsi semakin hari semakin meningkat. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dab tehnologi saat ini, beberapa jamur konsumsi dapat dengan mudah dibudidayakan, antara lain jamur Shitake, jamur Champignon, jamur Merang, Jamur Kupimg dan jamur Tiram. Ini dia jenis-jenis jamur konsumsi: Jamur Kancing ( Agaricus bisporus ) Jamur kancing merupakan jenis jamur yang paling banyak dibudidayakan di dunia, sekitar 38% dari total produksi jamur dunia. Jamur kancing ( Agaricus bisporus ) atau champignon merupakan jamur pangan yang berbentuk hampir bulat seperti kancing dan berwarna putih bersih, krem, atau coklat muda. Dalam bahasa Inggris disebut sebagai table mushroom , white mushroom , common mushroom atau cultivated mushroom . Di Perancis disebut sebagai champignon de Paris. Jamur kancing dijual dalam bentuk segar atau kalengan, biasanya digunakan dalam berbagai masakan Barat seperti omelet, pizza, kaserol, gratin, dan selada. Jamur kancing memiliki aroma unik

Tomato yellow leaf curl virus (TYLCV)

Tomato Yellow Leaf Curl Virus (TYLCV) atau Virus kuning-keriting pada daun tanaman tomat merupakan salah satu anggota dari Virus yang tergolong dalam Suku Geminiviridae, Marga Begomovirus. Serangan TYLCV pada tanaman tomat dapat menyebabkan daun tanaman menggulung, mengeras, bertekstur kasar dan lebih tebal dibanding tanaman normal. Daun tanaman yang terserang juga akan mengalami klorosis ( yellowing ) dan mengkerut/keriting ( curly ). Gangguan tersebut hanya dapat terjadi pada daun baru yang terbentuk setelah tanaman terinfeksi, sedangkan daun tua tetap dan tidak mengalami penyusutan. Hal ini yang menyebabkan tanaman tampak ganjil karena daun pada bagian bawah tanaman tampak lebih lebat jika dibandingkan daun yang berada pada bagian atas. Tanaman rentan yang terserang pada fase perkembangan generatif dapat menyebabkan tanaman kerdil (stunting), jika serangan berlangsung hingga fase generatif maka buah yang dihasilkan akan berukuran kecil. Penyebaran TYLCV TYLCV tidak menular me